Analisis Pengendalian Kualitas Produk Muffler Sepeda Motor Menggunakan Metode Quality Control Circle (QCC) pada PT. XYZ
DOI:
https://doi.org/10.33005/wj.v17i1.104Keywords:
5W 1H, Muffler, Pengendalian Kualitas, PKM, QCCAbstract
PT. XYZ merupakan salah satu Perusahaan yang bergerak di bidang injection molding, jasa painting dan assembling. Dalam proses produksi muffler terdapat produk not good (NG) yang cukup banyak setiap bulannya. Jenis-jenis produk not good (NG) yang dibahas pada penelitian ini adalah lecet, spater, belang, kotor, meleleh, pasir, dan bruntus. Jumlah persentase NG yaitu 17,8% dari jumlah total produksi selama priode 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis - jenis NG apasaja yang sering terjadi pada produk muffler, faktor-faktor penyebab NG yang terjadi pada produk muffler, memberikan solusi perbaikan NG yang terjadi pada produk muffler, dan hasil perbaikan dengan menggunakan metode Quality Control Circle (QCC) dan 5W+1H pada produk muffler. Dengan melakukan kegiatan QCC diharapkan perbaikan kualitas akan terus berlangsung, agar kualitas semakin membaik. Hasil analisa dan perbaikan didapatkan adanya penurunan persentase NG yaitu 12,6% yang terjadi sebelum dan sesudah perbaikan produk muffler priode Januari sampai dengan Maret 2024. PT. XYZ mewajibkan setiap operator/pimpinan untuk menjalankan PKM (prinsip kerja PT. XYZ) apabila menemukan NG agar memisahkan part NG dan melakukan repair part NG yang sudah di pisahkan