Strategi Pengembangan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Pengunjung Didesa Wisata Wanawisata Sumber Biru Menggunakan Metode SWOT AHP Dan QSPM
DOI:
https://doi.org/10.33005/wj.v17i1.110Keywords:
AHP, Digital Marketing, Metode SWOT, QSPMAbstract
Jawa Timur memiliki potensi objek wisata yang sangat melimpah baik wisata alam maupun budaya. Salah satunya desa wisata yang ada di Wonosalam Kabupaten Jombang yaitu Desa Wisata Wanawisata Sumber Biru. Digital marketing yang digunakan di Desa Wisata Wanawisata Sumber Biru masih belum maksimal dalam penerapannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi digital marketing di Desa Wisata Wanawisata Sumber Biru dan memberikan formulasi strategi pengembangan digital marketing Desa Wisata Wanawisata Sumber Biru menggunakan metode analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats). Selain itu, metode Analytical Hierarchy Process (AHP) digunakan untuk menentukan bobot setiap faktor strategi dan Quantitative Strategi Planning Matrix (QSPM) digunakan untuk menentukan alternatif strategi terbaik. Hasil perhitungan QSPM diperoleh strategi 4 sebagai urutan pertama yaitu mendelegasikan karyawan untuk mengikuti seminar atau workshop digital marketing desa wisata wanawisata sumber biru dengan nilai TAS sebesar 14,98. Mendelegasikan karyawan untuk mengikuti pelatihan workshop atau seminar ini diharapkan dapat meningkatkan keahlian serta bermanfaat bagi pengelola dan karyawan Wanawisata Sumber Biru