Analisis Kebutuhan Customer Pada Pelayanan Aplikasi Ojek Online Wanita Di Madura

Authors

  • Wisuda Yanti Simanjuntak Universitas Trunojoyo Madura
  • Retno Indriartiningtias Universitas Muhammadiyah Riau
  • Samsul Amar
  • Sabaruddin Akhmad
  • Nova Meiriza

DOI:

https://doi.org/10.33005/wj.v17i1.112

Keywords:

Aplikasi Ojek Online, Customer, Madura, Transportasi Online, Wanita

Abstract

Masyarakat Madura merupakan masyarakat yang memegang erat nilai agama dan budaya keislaman. Nilai-nilai yang mereka yakini terlihat dari kebiasaan dan perilaku mereka sehari-hari termasuk dalam hal berinteraksi antara laki-laki dan Perempuan. Masyarakat Madura meyakini bahwa menjaga batas antara wanita dengan pria adalah hal yang harus dipatuhi. Termasuk dalam menggunakan transportasi ojek online saat ini. Saat ini telah ada dan mulai berkembang ojek online khusus wanita namun masih dipesan secara manual melalui grup Whatsapp. Berdasarkan beberapa fakta tersebut penulis ingin mengetahui preferensi customer ojek online khusus wanita yang nantinya bisa dikembangkan untuk merancang aplikasinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan studi literatur, wawancara dan penyebaran kuisoner pada pelanggan wanita selaku pengguna dari aplikasi yang akan dibuat. Hasil yang diperoleh melalui preferensi variabel ojek online wanita ialah berupa variabel kenyamanan dan variabel fitur aplikasi. Kenyamanan akan tercipta ketika fitur aplikasi mudah dimengerti dan diaplikasikan oleh customer. Kenyamanan yang diinginkan customer seperti driver yang ramah, driver menjemput tepat waktu, dan berkomunikasi dengan baik.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-02-10

How to Cite

Wisuda Yanti Simanjuntak, Retno Indriartiningtias, Samsul Amar, Sabaruddin Akhmad, & Nova Meiriza. (2025). Analisis Kebutuhan Customer Pada Pelayanan Aplikasi Ojek Online Wanita Di Madura. Prosiding Seminar Nasional Waluyo Jatmiko, 17(1), 59–68. https://doi.org/10.33005/wj.v17i1.112