Strategi Pengembangan Destinasi Pariwisata dengan Menggunakan Metode Analisis SWOT dan QSPM (Studi kasus: Wisata Adventure Land Romokalisari Surabaya)

Authors

  • Muhammad Zainal Abidin Universitas Trunojoyo Madura
  • Retno Indriartiningtias Universitas Trunojoyo Madura
  • Ida Lumintu Universitas Trunojoyo Madura
  • Issa Dyah Utami Universitas Trunojoyo Madura
  • Fitri Agustina Universitas Trunojoyo Madura
  • Trisita Novianti Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.33005/wj.v16i1.26

Keywords:

Pengembangan, Wisata, SWOT, QSPM

Abstract

Wisata adventure land Surabaya merupakan adalah sebuah objek wisata baru yang bertemakan wisata keluarga dan edukasi alam. Adanya pariwisata ini mempunyai peranan yang cukup penting dalam pertumbuhan dan peningkatan ekonomi bagi warga sekitar. Objek wisata yang tergolong masih baru menjadikan objek wisata ini masih terdapat berbagai macam permasalahan dan juga kekurangan yang harus diperbaiki. Dalam pengembangan wisata dibutuhkan perencanaan analisis strategi dan pada penelitian ini mengguanakan dua metode analisis yaitu SWOT dan QSPM. Hasil dari analisis SWOT ini diperoleh strategi SO (Strength, Opportunities) dengan diagram matrix space berada pada kuadran I yang bernilai x,y (0.380 , 0.147). Selanjutnya dilakukan perhitungan menggunakan metode QSPM untuk menilai dan menentukan prioritas strategi yang paling efektif. Hasil perhitungan QSPM diperoleh strategi 4 sebagai urutan pertama yaitu Memberikan pelatihan bagi warga sekitar untuk peningkatan keahlian yang berdampak terhadap pengembangan objek wisata dengan nilai TAS sebesar 13,24.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-08

How to Cite

Muhammad Zainal Abidin, Retno Indriartiningtias, Ida Lumintu, Issa Dyah Utami, Fitri Agustina, & Trisita Novianti. (2023). Strategi Pengembangan Destinasi Pariwisata dengan Menggunakan Metode Analisis SWOT dan QSPM (Studi kasus: Wisata Adventure Land Romokalisari Surabaya). Prosiding Seminar Nasional Waluyo Jatmiko, 16(1), 21–30. https://doi.org/10.33005/wj.v16i1.26