Strategi Pengembangan Destinasi Pariwisata dengan Menggunakan Metode Analisis SWOT dan QSPM (Studi kasus: Wisata Adventure Land Romokalisari Surabaya)
DOI:
https://doi.org/10.33005/wj.v16i1.26Keywords:
Pengembangan, Wisata, SWOT, QSPMAbstract
Wisata adventure land Surabaya merupakan adalah sebuah objek wisata baru yang bertemakan wisata keluarga dan edukasi alam. Adanya pariwisata ini mempunyai peranan yang cukup penting dalam pertumbuhan dan peningkatan ekonomi bagi warga sekitar. Objek wisata yang tergolong masih baru menjadikan objek wisata ini masih terdapat berbagai macam permasalahan dan juga kekurangan yang harus diperbaiki. Dalam pengembangan wisata dibutuhkan perencanaan analisis strategi dan pada penelitian ini mengguanakan dua metode analisis yaitu SWOT dan QSPM. Hasil dari analisis SWOT ini diperoleh strategi SO (Strength, Opportunities) dengan diagram matrix space berada pada kuadran I yang bernilai x,y (0.380 , 0.147). Selanjutnya dilakukan perhitungan menggunakan metode QSPM untuk menilai dan menentukan prioritas strategi yang paling efektif. Hasil perhitungan QSPM diperoleh strategi 4 sebagai urutan pertama yaitu Memberikan pelatihan bagi warga sekitar untuk peningkatan keahlian yang berdampak terhadap pengembangan objek wisata dengan nilai TAS sebesar 13,24.