Analisis Tingkat Efisiensi Kerja dan Jumlah Karyawan Bagian Produksi Dengan Pendekatan Metode Work Load Analysis (WLA) (Studi Kasus PT. X)

Authors

  • Rusindiyanto Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Yekti Condro Winursito Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Isna Nugraha Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Hafid Syaifullah Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Friska Aryanti Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/wj.v16i1.33

Keywords:

Tingkat Efisiensi Kerja, Jumlah Karyawan, Metode Work Load Analysis

Abstract

ABSTRAK

  1. X adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengemasan karton dengan bahan baku utama berupa kertas. Saat ini, perusahaan mengalami kesulitan dalam mencapai target produksi yang diinginkan. Oleh karena itu, perusahaan berusaha untuk meningkatkan motivasi dan produktivitas para pekerjanya. Salah satu langkah yang diambil adalah melakukan pengukuran waktu kerja di setiap stasiun kerja sesuai dengan urutan proses produksi, sehingga dapat diperoleh estimasi waktu yang seharusnya diperlukan oleh pekerja untuk menyelesaikan tugas mereka. Work Load Analysis (WLA) adalah metode yang digunakan untuk menganalisis aktivitas yang timbul dan beban kerja yang diakibat dalam proses produksi. Metode ini memungkinkan pembuatan model matematis untuk menentukan jumlah karyawan yang optimal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dihasilkan tingkat efisiensi setiap proses produksi dan setelah mengetahui beban kerja di setiap bagian, dapat ditentukan jumlah karyawan yang optimal di masing-masing bagian.

Kata Kunci: Tingkat Efisiensi Kerja, Jumlah Karyawan, Metode Work Load Analysis.

 

ABSTRACT

  1. X is a company that operates in the cardboard packaging sector with the main raw material being paper. Currently, the company is experiencing difficulties in achieving the desired production targets. Therefore, companies try to increase the motivation and productivity of their workers. One of the steps taken is to measure working time at each work station in accordance with the sequence of the production process, so that an estimate of the time it should take workers to complete their tasks can be obtained. Work Load Analysis (WLA) is a method used to analyze the activities that arise and the workload caused in the production process. This method allows creating mathematical models to determine the optimal number of employees. Based on the research results, the efficiency level of each production process can be generated and after knowing the workload in each section, the optimal number of employees in each section can be determined.

Keywords: Work Efficiency Level, Number of Employees, Work Load Analysis Method.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-08

How to Cite

Rusindiyanto, Yekti Condro Winursito, Isna Nugraha, Hafid Syaifullah, & Friska Aryanti. (2023). Analisis Tingkat Efisiensi Kerja dan Jumlah Karyawan Bagian Produksi Dengan Pendekatan Metode Work Load Analysis (WLA) (Studi Kasus PT. X) . Prosiding Seminar Nasional Waluyo Jatmiko, 16(1), 311–320. https://doi.org/10.33005/wj.v16i1.33