Analisis Pengendalian Kualitas Produk Kaos PT. XYZ dengan Metode Six Sigma dan Kaizen

Authors

  • Rr. Rochmoeljati Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Isna Nugraha Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Tivani Nava Arier Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Santoso Bayu Hernanda Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/wj.v16i1.72

Keywords:

Kaos, Kualitas, Produksi, Six Sigma

Abstract

Perusahaan konveksi PT. XYZ merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri konveksi yang jika diukur perusahaannya masih berada dalam skala produksi menengah atau dapat digolongkan pada skala perusahaan baru. Konveksi PT.XYZ memiliki fokusan produksi utamanya yaitu kaos. Dalam penelitian ini ada beberapa cacat produk yang ada yakni sablon salah cetak, jahitan lepas, dan sablon rusak. sehingga perlu dilakukan pengendalian kualitas dengan metode six sigma. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas produksi pada perusahaan. Pada penelitian ini hasil analisis DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control) yang didapatkan yakni dengan pengujian kualitas kaos sablon pada proses produksi menghasilkan kegagalan sebesar 1.198 unit, nilai Defect Per Million Oppurtunities (DPMO) sebesar 58081 dan kemudian di konvesi ke level sigma menjadi 3,08 yang menunjukkan bahwa level sigma berada di rata-rata industri Indonesia. Dapat dijelaskan bahwa kemungkinan kerusakan sebesar 58081 untuk sejuta produksi. Hal ini menunjukkan pola DPMO dan pencapaian sigma yang belum konsisten, yang menunjukkan bahwa pola produksi belum dikelola dengan tepat dan masih perlu perbaikan dan perlu adanya perbaikan kualitas pada proses produksi kaos sablon agar dapat mencapai zero defect.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-08

How to Cite

Rr. Rochmoeljati, Nugraha, I., Tivani Nava Arier, & Santoso Bayu Hernanda. (2023). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Kaos PT. XYZ dengan Metode Six Sigma dan Kaizen. Prosiding Seminar Nasional Waluyo Jatmiko, 16(1), 481–490. https://doi.org/10.33005/wj.v16i1.72