Strategi Komunikasi Seacolab.net dalam Membangun Citra Merek (Brand Image) untuk Memperoleh Kepercayaan Publik

Authors

  • Fikry Zahria Emeraldien UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Kinanti Resmi Hayati Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Saifuddin Zuhri Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/wj.v16i1.9

Keywords:

Citra Merek, Seacolab.net, Strategi Komunikasi, Startup, Kepercayaan Publik

Abstract

Perkembangan teknologi informasi saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, dan pengaruhnya telah merambah ke berbagai sektor, termasuk dalam dunia bisnis. Salah satu model bisnis yang kini semakin populer adalah bisnis startup yang berbasis internet. Dalam era ini, kita telah menyaksikan banyaknya perusahaan startup yang muncul, sehingga penting bagi mereka untuk melakukan strategi branding guna memperkenalkan diri kepada masyarakat. Branding menjadi kunci utama untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap perusahaan. Penelitian ini akan berfokus pada strategi yang diadopsi oleh seacolab.net dalam membangun citra merek (brand image) mereka dengan tujuan mendapatkan kepercayaan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan salah satu pendiri seacolab.net serta melalui studi dokumen yang terkait dengan perusahaan ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seaolab.net, sebuah platform pendidikan yang mementingkan kolaborasi dengan institusi pendidikan tinggi, mengadopsi berbagai strategi komunikasi. Mereka mempromosikan diri dengan mengusung konsep internasional yang diperkaya dengan elemen sosial enterprise. Selain itu, mereka lebih fokus dalam memanfaatkan media sosial untuk promosi, menjalin kolaborasi aktif dengan institusi pendidikan tinggi, dan memaksimalkan kemitraan dengan para pemangku kepentingan (stakeholder).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-08

How to Cite

Emeraldien, F. Z., Hayati, K. R., & Saifuddin Zuhri. (2023). Strategi Komunikasi Seacolab.net dalam Membangun Citra Merek (Brand Image) untuk Memperoleh Kepercayaan Publik. Prosiding Seminar Nasional Waluyo Jatmiko, 16(1), 131–140. https://doi.org/10.33005/wj.v16i1.9